June 1, 2024

Perkembangan teknologi saat ini membuat berbagai hal bisa didapatkan secara elektronik seperti halnya adanya sertifikat elektronik. Sertifikat tersebut bisa dibilang seperti halnya pengenal yang digunakan di kehidupan nyata.

Untuk bisa memperoleh sertifikatnya, Anda hanya perlu mendaftarkan diri ke instansi terkait bisa bank ataupun jenis lembaga pemerintahan lainnya. Pendaftaran ini biasanya dikenal dengan nama registration Authority.

Pihak registration authority selanjutnya akan melakukan kerja sama dengan certificate authority untuk penerbitan sertifikatnya. Setelah melewati berbagai proses panjang ini, barulah Anda dapat menerima sertifikatnya secara digital.

Keuntungan Dari Sertifikat Elektronik

Melihat pada praktiknya sekarang, Anda dapat menemui banyak sekali daftar sertifikat elektronik yang bisa ditemui. Namun, sebenarnya apakah keuntungan dari menggunakan electronic certificate? Nah, untuk mengetahui keuntungannya, Anda bisa lihat di bawah ini.

1. Validitas Informasinya Lebih Terjamin

Enkripsi di dalam dokumen bersertifikat digital dapat menjamin validitas dari informasinya. Pasalnya, apabila terdapat perubahan di dalam dokumen tersebut meski hanya sangat kecil setelah ditandatangani pasti akan langsung diketahui.

Hal itu menunjukkan bahwa informasi di dalam dokumennya tidak bisa diganggu gugat. Seperti diketahui, modifikasi terkait informasi digital memang sedang rawan dan pastinya bisa menjadi berbahaya jika konten tidak dilindungi.

Beruntungnya, sistem digital document yang telah mempunyai enkripsi khusus dapat mencegah hal seperti itu terjadi. Alhasil, semua konten di dalamnya dapat terjaga keaslian atau validitas-nya.

2. Ada Proses Verifikasi Identitas Calon Pemilik Sertifikat

Peningkatan transaksi di market place terus mengalami peningkatan dari masa ke masa. Hal itu dapat terjadi karena memang masyarakat kini lebih memilih belanja online karena dirasa lebih praktis dibanding harus beli langsung secara konvensional.

Akan tetapi, aktivitas pembelian online mempunyai kelemahan salah satunya adalah rentan terjadi tindakan penipuan. Mau seperti apapun juga, proses transaksi online tidak memungkinkan pembeli dan penjual bertatap muka langsung.

Kondisi ini membuat potensi terjadinya penipuan dan penggunaan identitas palsu rawan terjadi. Untuk mencegahnya pembuatan sertifikat electronic bisa menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan identitas.

Pasalnya, dalam pengajuan pembuatannya akan dilakukan verifikasi identitas calon yang mengajukan sertifikatnya. Verifikasi tersebut dilakukan mulai dari nomor HP, alamat email, KTP, sampai dengan pendeteksi wajah sehingga identitasnya pemilik bisa divalidasi.

3. Tanda Tangan Digital Mempunyai Akibat Hukum dan Kekuatan yang Sah

Tanda tangan secara digital yang tidak mempunyai sertifikat tidak dapat menggantikan tanda tangan asli. Pasalnya, hal itu tidak bisa menggantikan validitas dari orang yang bertanda tangan tersebut.

Pada versi digital yang belum bersertifikat umumnya tidak mempunyai sistem enkripsi canggih untuk perlindungan. Kondisi tersebut membuat potensi terjadinya tindak kecurangan seperti pemalsuan dan penggandaan menjadi sangat besar.

Akan tetapi, untuk tanda tangan digital yang bersertifikat akan lebih aman dan bisa digunakan. Pasalnya, tanda tangannya tersebut umumnya sudah dilengkapi dengan electronic certificate sebagai validitas dan verifikasi penggunanya.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sertifikat elektronik ini mempunyai peranan penting dalam aktivitas digital. Pasalnya, dalam sertifikatnya tersebut keamanan dan validitas sudah terjamin sehingga tidak bisa dicurangi.

Selain itu, sertifikatnya juga dapat memberikan berbagai keuntungan seperti validitas terjamin hingga aman dari pemalsuan. Nah, bagi yang berminat ingin membuat sertifikat digital, langsung saja hubungi verihubs.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *